sticker adalah

Sticker adalah

Sticker adalah selembar kertas, plastik atau bahan lainnya dengan perekat di salah satu sisinya. Pengaplikasian dengan cara ditempel kepermukaan media yang ditujukan untuk identitas, hiasan atau untuk tujuan lainnya.

Jenis-jenis sticker adalah

  • Vynil jenis ini terbuat dari plastic sehingga membuatnya tidak mudah sobek. Tahan air sehingga bisa untuk outdoor.
  • Stiker Paper yang terbuat dari bahan kertas yang mudah rusak dan sobek serta tidak tahan air. Umumnya digunakan untuk label produk, label informasi, mainan anak-anak, indentitas sementara, dll.
  • Perforasi disebut juga stiker One Way Vision karena hanya dapat dilihat dari satu sisi saja, bersifat sama seperti kaca riben. Desain stiker ini berbentuk gambar tidak utuh atau berlubang-lubang.

Kami akan fokus membahas pada jenis vynil karena bahan ini sering digunakan untuk kebutuhan advertising.

Jenis ini biasanya dipotong menggunakan mesin yang mengikuti pola/ design tertentu. Tentu untuk menjalankan proses potong harus menggunakan sebuah komputer yang terkoneksi dengan mesin tersebut.

Proses ini biasanya disebut sticker cutting atau cutting sticker.

Selain kelebihannya yang tahan air serta tidak mudah sobek stiker vynil juga punya kekurangan yaitu pilihan warna. Pilihan warna yang terbatas hanya pada warna-warna solid (non gradasi) cukup membuat kesulitan.

Satu-satunya cara adalah dengan mencetak warna pada sticker putih dengan mesin printer. Meskipun warna hasil dari proses printing tidak setajam warna solid pada sticker non print.

Kegunaan sticker vynil dalam dunia advertising antara lain:

  1. Pembuatan label branding toko, produk makanan dan masih banyak lagi
  2. Marka jalan
  3. Untuk finishing huruf timbul, neon box atau signage

Banyaknya cara pengaplikasian sticker menjadikan bahan ini sering sekali digunakan. Fleksible, tahan air/ cuaca dan tidak mudah robek menjadi alasannya.

Dapatkan update terbaru tentang Advertising dan Reklame disini!