plywood adalah

Plywood adalah

Plywood adalah papan material yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi . Disebut juga kayu lapis karena terdiri dari kombinasi lapisan serat serat kayu dan kulit kayu (venir) dengan lapisan permukaan luar lebih kuat daripada lapisan tengah yang berfungsi untuk mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk.

Sifat dasar plywood tidak mudah untuk di tekuk, lebih tahan cuaca dan mudah dibentuk terutama untuk pembuatan furniture rumah tinggal.

plywood adalah lembaran kayu yang tipis direkatkan bersama dengan arah serat yang diatur sedemikian rupa untuk menciptakan hasil yang lebih kuat. Biasanya saling bersilangan (90°) antar lapisan yang berdekatan.

Lapisan-lapisan ini umumnya ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan dan menciptakan konstruksi yang seimbang. Lapisan dalam jumlah genap akan menghasilkan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi. 

Terdapat beberapa jenis Plywood yang bisa kita temukan di pasaran yaitu plywood dari kayu pinus, dari kayu sengon dan plywood dari kayu sungkai. Harga plywood ukuran standar perlembar 120x240cm menyesuaikan varian ketebalan plywood yaitu 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, 18mm dan 24mm.

Pemeringkatan dan klasifikasi

Kayu lapis diberi peringkat berdasarkan lapisan terluarnya, yakni venir muka dan belakang. Standar pemeringkatan berbeda-beda di setiap negara, dengan dasar pemeringkatan yang berbeda-beda pula, namun pada dasarnya pemeringkatan kayu lapis adalah sebagai berikut:

Peringkat Keterangan
A Venir di bagian muka dan belakang bebas dari segala cacat
A/B Venir di bagian muka bebas dari segala cacat. Bagian belakang memiliki sedikit mata kayu (knot) dan diskolorisasi (perubahan warna)
A/BB Bagian muka seperti peringkat A, bagian belakang dapat berupa venir yang disambung dan memiliki knot besar dan beberapa plug(penutup knot)
B Baik venir di bagian muka maupun bagian belakang memiliki cir seperti bagian belakang peringkat A/B
B/BB Venir di bagian muka memiliki ciri seperti punggung A/B, bagian belakang memiliki ciri seperti sisi belakang A/BB
BBBaik venir di bagian muka maupun bagian belakang memiliki ciri seperti bagian belakang peringkat A/BB
WG Hanya mendapat jaminan bahwa papan telah direkatkan dengan baik
X Papan dengan tingkat cacat yang tinggi

Selain itu plywood juga biasa diklasifikasikan menjadi kelompok atau tipe berdasarkan kekuatan bahan perekat dan kekuatan kayu yang menjadi bahan dasarnya. Pengelompokan ini sangat beragam dan tidak memiliki standar tertentu.

Plywood lebih komplek dari segi pemeringkatan tidak seperti mdf yang hanya sejenis saja.

Berikut kelebihan Plywood adalah dibanding MDF :

Kelebihan plywood :

  • Kuat terhadap cuaca dan daya tekuk
  • Lebih kokoh sebagai rangka utama furniture/mebel
  • Lebih tahan terhadap air

Kekurangan plywood :

  • Sifat keras dan untuk menggabungkan beberapa plywood perlu menggunakan paku tembak atau paku besi biasa
  • Presisi ketebalan kurang bagus
  • Sulit untuk langsung difinish misal di cat dinding

Dapatkan update terbaru tentang Advertising dan Reklame disini!