partisi ruang

Partisi Ruang Interior Yang Modern

Partisi ruang atau juga disebut room divider adalah salah satu furniture yang dibuat untuk memisahkan atau membagi sebuah ruangan. Berbeda dengan dinding tembok yang merupakan batas ruang untuk memisahkan satu ruang dengan ruangan lainnya yang bersifat permanen. Bentuknya masif serta sudah direncanakan sejak pertama hunian akan dibangun.

Bentuk dari partisi ruang ada 2, yaitu :

  • Permanen – terbuat dari tembok atau kayu yang dipasang secara permanen dan tidak bisa di pindah kecuali di bongkar.
  • Temporari / sementara – biasanya terbuat dari papan kayu atau bahan sejenis yang dipasang dengan metode yang bisa di bongkar pasang secara mudah tanpa merusak partisi itu sendiri.

Fungsi dari partisi sudah jelas adalah sebagai pemisah satu ruang dengan ruangan yang lain atau membagi sebuah ruangan menjadi 2 atau 3 ruang kecil. Namun ada fungsi lain dari partisi selain sebagai pemisah ruang.

Fungsi partisi ruang :

  1. Pemisah ruang –Sebagai pemisah satu ruang dengan ruangan yang lain seperti yang disebutkan di atas.
  2. Memberi privasi antar ruang – Yang sering partisi terdapat antara ruang keluarga dan ruang tamu hal ini bertujuan untuk memberi privasi kepada pemilik rumah terhadap tamu yang berkunjung.
  3. Elemen keindahan – Tak hanya berfungsi sebagai pemisah ruang partisi juga bisa sebagai salah satu dekorasi penting di rumah anda. Partisi yang berdesign unik tentu akan menambah keindahan ruangan anda.

Sebagai referensi berikut contoh partisi yang mempunyai beberapa fungsi lebih :

  • Wall panel – sebuah papan lembaran yang berlubang-lubang yang membentuk motif tertentu.
  • Papan kayu – partisi kayu yang di pasang menggantung serta bisa untuk menempatkan hiasan seperti pigura atau lukisan.
  • Rak buku / perabot – partisi jenis ini juga berfungsi ganda selain sebagai pemisah ruang juga bisa sebagai rak buku atau perabotan anda. Cukup praktis kan sebagai solusi penghemat space ruangan.

Adapun kelebihan dari partisi ruang temporari, yaitu :

  1. Memaksimalkan ruang.
  2. Lebih Efisien daripada dinding permanen.
  3. Menambah nilai dekoratif pada sebuah ruangan.
  4. Partisi lebih banyak pilihan modelnya.
  5. Mempunyai fungsi lebih, bukan hanya sebagai penyekat ruangan.

Kesimpulannya, partisi temporari akan lebih diminati karena memberikan fungsi lebih ketimbang partisi permanen. Dengan berbagai pilihan model akan lebih memudahkan untuk menata ruangan.

Partisi temporari akan memberikan fungsionalitas dan fungsi keindahan tapi tidak serta merta menjadikannya pilihan utama dalam mendekor ruangan. kadang partisi permanen (dinding tembok) juga menjadi keharusan dalam bangunan rumah (sebagai tiang penyangga juga).

Maka sesuaikan saja kebutuhan anda dalam memilih partisi yang cocok sesuai kondisi rumah anda.

Jadi apakah anda tertarik? Atau ingin menghubungi lebih lanjut!

Dapatkan update terbaru tentang Advertising dan Reklame disini!