display produk

Display Produk

Display produk adalah penataan barang dagangan ditempat tertentu dengan tujuan menarik minat konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat serta memilih dan akhirnya membeli produk atau barang yang ditawarkan. Display atau penataan barang dilakukan bukan hanya sekedar barang tersedia didalam toko atau tempat menjual.

Namun lebih dari itu, display produk dilakukan agar konsumen dengan mudah bisa melihat dan memilih produk yang ditawarkan. Sehingga diharapkan konsumen akan leluasa dan nyaman agar terjadi pembelian produk yang ditawarkan.

Display produk dapat didefinisikan sebagai berikut :

  • Display adalah kegiatan menata produk atau barang dagangan dengan cara dan strategi tertentu sesuai kondisi tertentu. Kondisi disini berhubungan erat dengan jenis produk atau barang dagangan, tempat dan situasi.
  • Ditempat tertentu sangat berhubungan erat dengan lokasi, luas tempat yang akan digunakan untuk mendisplay produk, posisi tempat, jumlah dan macam barang yang akan di pajang.
  • Display produk dilakukan untuk menarik minat konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat serta memilih produk

Mengapa Perlu Penataan Barang ?

Salah satu alasannya adalah karena jumlah pencapaian penjualan mencerminkan dampak dari program penataan barang yang kita lakukan. Kita harus yakin bahwa dengan penataan barang yang baik ( terencana – terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif ) maka akan menghasilkan penjualan yang maksimal.

dengan penataan barang yang baik, memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana nyaman dalam berbelanja.

Jenis-jenis Display Produk antara lain:

1. Window display

Adalah pemajangan barang dagangan di etalase atau jendela kegiatan usaha atau memajangkan barang, gambar kartu harga, simbol dan sebagainya dibagian depan toko. Dengan tujuan untuk menarik minat konsumen sekaligus menjaga keamanan barang dagangan.

Window display hanya memperlihatkan barang dagangan yang ditawarkan saja, tanpa dapat disentuh oleh konsumen, sehingga pengamanan menjadi lebih mudah.

2. Interior Display

Yaitu memajangkan barang dagangan di dalam toko atau di dalam ruangan, misalnya ditata di lantai, di meja, di rak dan sebagainya.

Pada  umumnya konsumen menyenangi  interior display karena dapat memberikan  kesempatan lebih banyak untuk melihat, memikirkan, memilih barang yang disenangi oleh konsumen, dan lebih memberikan keaktifan pembeli atau konsumen untuk menentukan pilihannya.

Interior display bertujuan  untuk :

  • Mempromosikan berbagai  merchandise  yang dapat dipertimbangkan  mengenai warna, harga, trend,  bahan dan sebagainya.
  • Mengenalkan atau mempertunjukkan ide  sebagai informasi barang baru ataupun produk baru atau mengenalkan barang yang akan datang.
  • Sebagai  ajang promosi untuk mendapatkan barang  yang terbaru, dan dapat dipesan sebelumnya.

3. Eksterior Display 

Yaitu  display  yang dilakukan dengan memajang barang di luar toko, misalnya di pameran, bazar dan sebagainya. Bentuk penataan promosi semacam ini memerlukan  konsentrasi pelayanan konsumen yang lebih  aktractif, dibanding bentuk penataan lainnya.

karena ruangan terbuka, dan biasanya pengunjung lebih padat, sehingga keseriusan pengunjung untuk menentukan pilihannya kadang-kadang dipengaruhi oleh faktor lingkungan.


Dapatkan update terbaru tentang Advertising dan Reklame disini!